Kadarini, Dwi and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Strategi Guided Note Taking Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 02 Ganten Kerjo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (244kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa melalui strategi Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 02 Ganten Kerjo Karanganyar yang berjumlah 21 siswa. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemanddirian belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari 1) mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan sebesar 9,52% diahir putaran mencapai 71,42% 2) mengemukakan gagasan/ide yang dimiliki sebelum tindakan sebesar 14,28% dan diahir putaran mencapai 76,19% 3) menjawab pertanyaan sebelum putaran sebesar 23,80% dan diahir putaran mencapai 71,42% 4) mengerjakan soal latihan secara mandiri sebelum tindakan sebesar 33,33% dan diahir putaran mencapai 95,23%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 33,33% atau 7 siswa, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 66,66% dan meningkat pada siklus II mencapai 19 siswa atau 90,47%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Guide Note Taking dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, Guide Note Taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 10:27 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23636 |
Actions (login required)
View Item |