Nurhidayah, Nurhidayah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Pengaruh Strategi Pembelajaran Small-Group Work Dan Media Flannelgraph Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Al-Firdaus Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (356kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (152kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar Matematika dengan strategi pembelajaran Small-Group Work dan media Flannelgraph pada siswa kelas V SD Al-Firdaus Surakarta tahun 2012/2013, (2) untuk mengetahui strategi pembelajaran Small-group Work dan media flannelgraph yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Al Firdaus Surakarta tahun 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Firdaus Surakarta yang berada di jalan Yosodipuro No.56 Surakarta. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa. Sampling yang digunakan dengan metode sensus, maka sampel penelitian adalah seluruh populasi. Data hasil belajar siswa diambil dengan test essay berupa uraian singkat. Teknik analisa data meliputi uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas, kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji independen sample t-test. Dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,944 > 2,000, berarti terdapat perbedaan prestasi belajar Matematika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Small-Group Work dan media Flannelgraph. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar Matematika dengan strategi pembelajaran Small-Group Work dan media Flannelgraph pada siswa kelas V SD Al Firdaus Surakarta tahun 2012/2013. Rata- rata hasil belajar kelas VA adalah 77,38, sedangkan kelas VB yaitu 80,33, yang menunjukkan bahwa media Flannelgraph memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar Matematika dibandingkan strategi pembelajaran Small-group Work.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Small-Group Work, media Flannelgraph, prestasi belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 08:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23633 |
Actions (login required)
View Item |