Listianasari W.R, Listianasari W.R and , Drs. Suwarno, M Pd (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Reading Aloud (Membaca Keras) Pada Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (458kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (572kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran membaca keras (reading aloud). Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 pada tanggal 27 Januari 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 8 putra dan 10 putri serta guru SDN Sumberasri 01. Obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar dan strategi reading aloud. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator keaktifan belajar bahasa Indonesia meliputi: (1) kehadiran siswa dalam pelaksanaan pembelajaran; (2) perhatian siswa terhadap penjelasan guru; (3) kerjasamanya dalam kelompok; (4) kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok; (5) mendengarkan dengan baik ketika teman lain berpendapat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasa analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi reading aloud. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan belajar siswa rendah dengan presentase 40%. Pada siklus I terdapat keaktifan belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar 52% dan pada siklus II keaktifa siswa sangat baik dengan presentase keaktifan 88%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan belajar bagi siswa dengan penerapan strategi reading aloud.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, keaktifan belajar bahasa Indonesia, strategi reading aloud |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 07:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 12:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23629 |
Actions (login required)
View Item |