Yuliati, Eri and , Drs. SUWARNO, SH, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Power Of Two Di Kelas V SDN Badegan 02 Pati Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab III)
05_.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (380kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan penerapan Stategi Power of Two pada siswa kelas V SD Negeri Badegan 02 Pati tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan Stategi Power of Two yang dilakukan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Badegan 02 Pati. ,sedangkan obyek yang di gunakan adalah kualitas pembelajaan IPS dan penerapan Strategy Power Of Two. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumen, dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Siklus I rata-rata keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cukup yaitu 61 % menjadi 69 % pada siklus II dalam criteria baik, dalam proses pembelajaran juga meningkatkan aktivitas siswa, siklus I siswa memperoleh 65% dalam kategori cukup, siklus II diperoleh 72% dengan kategori baik, hasil belajar siswa juga meningkat sesuai analisis data diketahui nilai rata-rata ulangan terjadi peningkatan pada siklus I 70, siklus II 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan Stategi Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Saran bagi guru Stategi Power of Two dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas siswa, pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 06:10 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23624 |
Actions (login required)
View Item |