Peningkatan Kemampuan Verbal Dalam Bercerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas IV SD negeri sugihan 1 toroh grobogan tahun 2012/2013

Rohmanik, Arfistik Arif and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Kemampuan Verbal Dalam Bercerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas IV SD negeri sugihan 1 toroh grobogan tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemampuan verbal siswa dalam bercerita pada siswa kelas IV SD Negeri Sugihan 1 dengan menggunakan metode pembelajaran Team Quiz.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan tindakan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan verbal siswa dalam bercerita. Pada kondisi awal 31,03% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 48,27% dan 38,62%, siklus II sebesar 86,20% dan 96,55% . Dengan demikian dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan verbal dalam bercerita siswa kelas IV SD Negeri Sugihan 1 Toroh Grobogan tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan verbal, bercerita, bahasa indonesia, team quiz.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 07:27
Last Modified: 31 Oct 2021 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23623

Actions (login required)

View Item View Item