Widiyatmoko, Septian Frengky and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Keberanian Mengungkapkan Pendapat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Time Token Arends pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jagoan Sambi 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (383kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (200kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keberanian mengungkapkan pendapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Time Token Arends pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jagoan Sambi 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan design penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan pembelajaran Time Token Arends yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Jagoan yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif, yang terdiri dari empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, memaparkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran Time Token Arends menunjukkan adanya peningkatan keberanian mengungkapkan pendapat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang aktif bertanya pada kondisi awal sebesar 36,84%, di akhir tindakan menjadi sebesar 73,68%. 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 56,63% di akhir tindakan menjadi sebesar 89,47%. 3) Siswa yang berani bercerita dihadapan guru dan siswa lain sebelum tindakan sebesar 31,58%, di akhir tindakan menjadi sebesar 78,95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keberanian mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan Time Token Arends.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keberanian, mengungkapkan pendapat, time token arends |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 12:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23621 |
Actions (login required)
View Item |