Nugraha, Okta Putra and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Malanggaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (399kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (303kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : Memaparkan penggunaan metode Cooperative Script sebagai upaya dalam meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 69,54 kemudian pada siklus pertama 73,86 dan 80,27 pada siklus kedua (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 40,90%; dan pada tes siklus pertama 72,73% dan siklus kedua menjadi 90,91%.. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran IPS materi memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode cooperative script, peningkatan keaktifan belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 05:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23600 |
Actions (login required)
View Item |