Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Strategi STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas IV SDN Bakaran Kulon 01 Tahun 2013

Sulistyawati, Heny and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Strategi STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas IV SDN Bakaran Kulon 01 Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.Halaman_Depan.Pdf.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.Bab_I._Pdf.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Bab II)
04.Bab_II.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
05.Bab_III.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.Bab_IV.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07.Bab_V.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.Daftar_Pustaka.Pdf.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
01._Naskah_Publikasi._Pdf.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas IV melalui strategi STAD. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bakaran Kulon 01 yang berjumlah 46 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan validasi Instrumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiridari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Prosedur penelitin meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar IPA dan peningkatan nilai rata-rata IPA setelah dilakukkan tindakan siklus I dan Siklus II. Pada Pra Siklus persentase keaktifan belajar rendah 54% atau 25 orang yang tidak aktif, pada Siklus I persentase keaktifan belajar sedang 43% atau 20 siswa yang cukup aktif dan pada Siklus II persentase keaktifan belajar tinggi mencapai 50% atau 23 siswa yang sangat aktif. Sedangkan persentase ketuntasan belajar dari Pra Siklus 46% atau 21 siswa, Siklus I 78% atau 36 siswa dan Siklus II 95% atau 44 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan memnggunakan strategi STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas IV SDN Bakaran Kulon 01 Kec.Juwana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keaktifan Belajar IPA, Strategi STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2013 07:33
Last Modified: 03 Nov 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23594

Actions (login required)

View Item View Item