Fathurrahman, Muhammad and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetiskarangpung 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (764kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (481kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn dengan menggunakan metode make a match pada siswa kelas IV SD Negeri Jetiskarangpung 2 Kalijambe Sragen tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jetiskarangpung 2 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklus penelitian ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, motivasi belajar siswa indikator kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan berjumlah 8 dari 20 siswa atau 40%, siklus 1 berjumalah 13 dari 20 siswa atau 65% dan pada siklus II berjumalah 18 siswa atau 90% (2) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan berjumlah 7 dari 20 siswa atau 35%, siklus 1 berjumlah 12 dari 20 siswa atau 60%, dan pada siklus II berjumlah 16 dari 20 siswa atau 80% (3) mengemukakan ide atau gagasan berjumlah 4 dari 20 siswa atau 20%, siklus 1 berjumalah 9 dari 20 siswa atau 45% dan pada siklus II berjumlah 14 dari 20 siswa atau 70% (4) menanyakan materi yang belum dipahami berjumalah 9 dari 20 siswa atau 45%, siklus 1 berjumlah 12 dari 20 siswa atau 60% dan pada siklus 2 berjumlah 15 dari 20 siswa atau 75% (5) tekun dalam menghadapi tugas berjumlah 6 dari 20 siswa atau 30%.siklus 1 berjumlah 14 dari 20 siswa atau 70% dan pada siklus II berjumlah 17 dari 20 siswa atau 85%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode make a match dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Jetiskarangpung 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode make a match, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2013 07:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23593 |
Actions (login required)
View Item |