Katulistiwa, Andika and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (660kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (763kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle. Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah Guru dan yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 perempuan dan 17 laki-laki. Sedangkan obyek penelitian dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, paparan/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase keberhasilan belajar siswa yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu sebelum tindakan sebanyak 46,43% (13 siswa), pada siklus I meningkat sebanyak 67,86% (19 siswa), dan siklus II meningkat lagi sebanyak 85,71% (24 siswa). Serta dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum tindakan 64,28 meningkat menjadi 70,71 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,68 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode inside-outside circle, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 10:31 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23580 |
Actions (login required)
View Item |