Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Katulistiwa, Andika and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle. Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah Guru dan yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 perempuan dan 17 laki-laki. Sedangkan obyek penelitian dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, paparan/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase keberhasilan belajar siswa yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu sebelum tindakan sebanyak 46,43% (13 siswa), pada siklus I meningkat sebanyak 67,86% (19 siswa), dan siklus II meningkat lagi sebanyak 85,71% (24 siswa). Serta dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum tindakan 64,28 meningkat menjadi 70,71 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,68 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inside-outside circle, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2013 10:31
Last Modified: 31 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item