Rustantini, Fitria Dewi and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2013) Implementasi Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca dan Menemukan Ide Pokok pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Pule Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (346kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Ketrampilan Membaca dan Kemampuan Menemukan Ide Pokok pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi peristiwa dan mengetahui besarnya peningkatan Ketrampilan Membaca dan Kemampuan Menemukan Ide Pokok pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah ketrampilan membaca dan kemampuan menemukan ide pokok pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pule yang berjumlah 27 siswa. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan membaca dan menemukan ide pokok pada siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata ketrampilan membaca dan kemampuan menemukan ide pokok siswa pada pra siklus 20,35% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 33,3% dan 47,1%, siklus II sebesar 64,7% dan 85,1%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CICR) dapat meningkatkan ketrampilan membaca dan kemampuan menemukan ide pokok siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Pule tahun 2012/ 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative integrated reading and composition (CIRC), ketrampilan membaca, memampuan menemukan ide pokok.. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 07:10 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23576 |
Actions (login required)
View Item |