Kridaningtyas, Hermiyati and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Strategi Jigsaw Pada Kelas IV SDN Pakis 01 Tayu Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf.pdf Download (488kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.Naskah_Publikasi.pdf.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan strategi Jigsaw. Jenis penelitian adalan Penelitian tindakan Kelas (Classroom Action Research) Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pakis 01 yang berjumlah 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang meningkat dari siklus dan siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA yaitu motivasi rendah sebesar 29 % atau 8 siswa, motivasi sedang 57% atau 16 siswa, dan motivasi tinggi sebesar 14% atau 4 siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebesar 54% atau 15 siswa. Pada siklus II persentase motivasi belajar siswa untuk motivasi rendah sebesar 7% atau 2 siswa, motivasi sedang sebesar 22% atau 6 siswa dan motivasi tinggi sebesar 71% atau 20 siswa Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan straegi Jigsaw mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan Hasil belajar IPA, metode belajar kelompok ( Jigsaw) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 05:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23563 |
Actions (login required)
View Item |