Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Pada Siswa Kelas IV SDN Premulung No. 94 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Yuliawan,, Feri and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Pada Siswa Kelas IV SDN Premulung No. 94 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Premulung No. 94 Laweyan Surakarta melalui penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Premulung No. 94 Laweyan Surakarta yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki – laki, dan 23 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun untuk validitas data yang digunakan menggunakan validitas isi (content validity) yang digunakan untuk menguji instrumen berupa soal tes tertulis dan triangulasi yang digunakan untuk mengecek validitas terkait observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. Peningkatan motivasi terlihat dalam 4 indikator, yaitu antusiasme dalam menerima pembelajaran, aktif terlibat dalam proses pembelajaran, keterlibatan siswa dalam diskusi, keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan. Peningkatan motivasi dapat dilihat antara lain: siswa yang antusiasme dalam menerima pembelajaran meningkat dari 56,41% (prasiklus), 60,25% (siklus 1), 75,64% (siklus2), siswa yang aktif terlibat dalam proses pembelajaran meningkat dari 61,54% (prasiklus), 62,82% (siklus 1), 75,64% (siklus2), siswa yang aktif terlibat dalam diskusi meningkat dari 58,97% (prasiklus), 64,10% (siklus 1), 78,20% (siklus2), siswa yang aktif terlibat dalam mengerjakan soal latihan meningkat dari 61,54% (prasiklus), 65,38% (siklus 1), 76,92% (siklus2). Selain peningkatan motivasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran dari 58,97% yaitu sebelum pelaksanaan, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 64,10% dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 87,18%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RME (Realistic Mathematics Education), motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2013 07:35
Last Modified: 31 Oct 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item