Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Flash Card Kelompok TK B Di TK Adh Dhuha Gentan, Baki, Sukoharjo, Tahun Ajaran 2012/2013

WAKIROH, WAKIROH and , Drs. Ilham Sunaryo, M. Pd. and , Drs. Haryono Yuwono, SE (2013) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Flash Card Kelompok TK B Di TK Adh Dhuha Gentan, Baki, Sukoharjo, Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui flash card pada anak kelompok B TK Adh Dhuha, Gentan, Baki, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013 melalui kegiatan bermain flash card dengan media flash card. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak TK Adh Dhuha yang berjumlah 15 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebaga i kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi , dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam setiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan yang mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bermain flash card. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 18,80 dengan prosentase 47%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 25,60, dengan prosentase 63,7%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 29,33 dengan prosentase 76,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 33,86, dengan prosentase 84%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain flash card dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, metode bermain flash card
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 10 Apr 2013 12:13
Last Modified: 22 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item