Penggunaan Media Audio Visual Dan Strategi Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Gemantar Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

NARLAUSTINA, MARIA (2013) Penggunaan Media Audio Visual Dan Strategi Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Gemantar Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (877kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN 02 Gemantar Jumantono Karanganyar melalui media Audio Visual dan Strategi small Group Discussion. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Gemantar, kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengumpulan data,reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada Peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar PKn melalui media Audio Visual dan Strategi small Group Discussion pada siswa kelas IV SD. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 71,43 sebanyak 16 siswa (75%) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 74,00 sebanyak 23 siswa(100%) serta meningkatnya keaktifan siswa pada siklus I 50,00% pada siklus II menjadi 87,50%.Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan media Audio Visual dan Strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan kaktifan belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Gemantar Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, media Audio visual,Strategi small group discussion
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:22
Last Modified: 08 Apr 2013 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item View Item