Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Jaten Karanganyar Kelas Vii Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013

Rosadi, Damar and , Idris Harta, M.A., Ph.D and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Jaten Karanganyar Kelas Vii Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar melalui strategi pembelajaran kontekstual dan konvensional pada siswa SMP N 1 Jaten Karanganyar Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 kelas VII materi himpunan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji independent t-test, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas berdasarkan taraf signifikansi menggunakan α = 5% diperoleh uji beda mean pada sampel adalah thitung = 2,026 > = 2,00 = t tabel sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematiaka antara pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontekstual lebih besar dari kelas konvensional yaitu 76,75 > 70,60, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode pembelajaran kontekstual lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kunci: hasil belajar matematika, kontekstual, konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Apr 2013 08:09
Last Modified: 01 Nov 2021 20:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item