KUSUMANINGTYAS, Rahma and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Problem Solving Berbasis Superitem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Lingkaran ( PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Genap SMP N 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan strategi Problem Solving berbasis Superitem. bagi siswa kelas VIII E SMP N 2 Sawit Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII E berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 23 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengajukan ide, gagasan, dan tanggapan 13,04% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 73,91% (2) memahami masalah sebelum tindakan 30,43%, setelah tindakan menjadi 95,65% (3) menyusun rencana penyelesaian sebelum tindakan 26,09%, setelah tindakan menjadi 86,96% dan (4) melaksanakan rencana penyelesaian dengan benar sebelum tindakan 21,74%, setelah tindakan menjadi 69,56%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Solving berbasis Superitem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Problem Solving, Superitem |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 11:38 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 23:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23459 |
Actions (login required)
View Item |