Latifah, Anna and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Kompetensi Komunikasi Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (PTK Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf Download (418kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB__I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi komunikasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang berjumlah 38 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika, sedangkan peneliti sebagai pengamat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi komunikasi belajar matematika melalui strategi CTL. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator, seperti: 1) Mampu mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,79% dan setelah tindakan mencapai 63,16%, 2) Mampu menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 7,89% dan setelah tindakan mencapai 52,63%, 3) Mampu mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan sebesar 10,53% dan setelah tindakan mencapai 55,26%, 4) Mampu berdiskusi/kerja kelompok sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,84% dan setelah tindakan mencapai 84,21%, 5) Mampu mempresentasikan hasil diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 7,89% dan setelah tindakan mencapai 57,89%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi CTL dapat meningkatkan kompetensi komunikasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Contextual Teaching and Learning, komunikasi Strategi Contextual Teaching and Learning, komunikasi Strategi Contextual Teaching and Learning, komunikasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 06:31 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 23:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23454 |
Actions (login required)
View Item |