Kharisma, Eri and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Dwi Setyo Astuti, S. Pd., M. Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Materi Ekosistem Kelas VII A SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_.pdf Download (516kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (301kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta pada materi ekosistem siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I (aspek kognitif meningkat dari observasi awal sebesar 30% menjadi 75%, dan aspek afektif sebesar 73,75%). Persentase ketuntasan siswa pada siklus II (aspek kognitif sebesar 82,5%, dan aspek afektif sebesar 97,5%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Numbered Head Together, Charta, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 11:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 19:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23430 |
Actions (login required)
View Item |