Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Materi Ekosistem Kelas VII A SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Kharisma, Eri and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Dwi Setyo Astuti, S. Pd., M. Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Materi Ekosistem Kelas VII A SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta pada materi ekosistem siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I (aspek kognitif meningkat dari observasi awal sebesar 30% menjadi 75%, dan aspek afektif sebesar 73,75%). Persentase ketuntasan siswa pada siklus II (aspek kognitif sebesar 82,5%, dan aspek afektif sebesar 97,5%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran Charta dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Numbered Head Together, Charta, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Apr 2013 11:31
Last Modified: 03 Nov 2021 19:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item