Dani, Dian Purnama and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dan Take And Give Dalam Pembelajaran Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa(Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperatif Script dibanding strategi pembelajaran Take and Give (2) perbedaan keaktifan siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperatif Script dibanding strategi pembelajaran Take and Give. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Manyaran Tahun Ajaran 2011/2012, yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 3 kelas dengan jumlah total ketiga kelas tersebut 96 siswa, yaitu kelas C sebagai kelompok eksperimen I dengan strategi pembelajaran Cooperatif Script dan kelas D sebagai kelompok eksperimen II dengan strategi pembelajaran Take and Give dan kelas A sebagai kelompok kontrol dengan strategi pembelajaran ceramah. Uji coba instrumen dilaksanakan di sekolah yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di MTs Negeri Manyaran pada kelas VII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok, dan dokumentasi dan observasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan progam SPSS yaitu uji hipotesis dengan Mann Whitney. Dari hasil penelitian pada 0,05%, diperoleh: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan strategi pembelajaran Take and Give. Hal ini didasarkan pada analisis data diperoleh nilai signifikansi p-value lebih dari 0,05 (0,625 > 0,05), (2) Tidak ada perbedaan keaktifan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan strategi pembelajaran Take and Give. Hal ini didasarkan pada analisis data diperoleh nilai signifikansi p-value lebih dari 0,05 (0,451 > 0,05).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperatif Script, Take and Give, hasil belajar dan keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 05:39 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 00:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23359 |
Actions (login required)
View Item |