Studi Perbandingan Prestasi Belajar Biologi Siswa Sma Al Islam 3 Surakarta Yang Mengikuti Tambahan Belajar Di Luar Sekolah Tahun Ajaran 2012/2013

Hidayah, Siti Nur and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Studi Perbandingan Prestasi Belajar Biologi Siswa Sma Al Islam 3 Surakarta Yang Mengikuti Tambahan Belajar Di Luar Sekolah Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
07__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi.pdf

Download (954kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: t) untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar biologi siswa yang mengikuti Les Privat (LP) dengan Bimbingan Belajar (BB), 2)untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar biologi siswa yang mengikuti LB dengan tanpa yang mengikuti LB dan BB, dan 3) untuk mengetahui perbandingart prestasi belajar biologi siswa yang mengikuti BB dengan tanpa yang mengikuti LB dan BB. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Faclo. Variabel bebasnya adalah siswa yang mengikuti tambahan belajar di luar sekolah (LP dan BB), sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar biologi siswa kelas X, XI IPA, XII IPA SMA AL ISLAM 3 Surakarta yang mengikuti tambahan belajar di luar sekolah (LP dan BB). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X, kelas XI IPA, dan kelas XII IPA, sedangkan sampelnya adalah seluruh dari populasi yaitu berjumlah 43 siswa. Teknik pengambilan data adalah menggunakan dokumentasi, observasi, angket dan prestasi siswa. Persyaratan uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji t tipe Independen Sample T test. Dengan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa dengan mengikuti LP merupakan tambdran belajar yang paling baik. Hal ini bisa dilihat dari ratarata nilai prestasi siswa yang mengikuti LP yaitu 83,50, selanjutnya BB (73,50), dan yang terakhir tarrpamengikuti LP dan BB (69,28).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Les Privat, Bimbingan Belajm dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 05:08
Last Modified: 03 Nov 2021 00:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item