Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Topical Review Terhadap Prestasi Belajar Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Fadzilah, Bachtiar Ibnu and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Topical Review Terhadap Prestasi Belajar Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_depan.pdf

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas model pembelajaran menggunakan Crossword Puzzle dengan Topical Review pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013 dilihat dari aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang membandingkan antara model pembelajaran Crossword Puzzle dan model pembelajaran Topical Review. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle(76.03) dan rata- rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Topical Review (74.85). Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari alpha (0,05) yaitu 0,046 dan nilai rata-rata hasil belajar biologi kelas crossword puzzle lebih besar dari kelas topical review, yaitu 79,85 > 72,65 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran crossword puzzle dan model pembelajaran topical review. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Crossword Puzzle lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Topical Review pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Crossword Puzzle, model Topical Review, dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 04:58
Last Modified: 03 Nov 2021 00:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item View Item