Fadzilah, Bachtiar Ibnu and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Topical Review Terhadap Prestasi Belajar Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_depan.pdf Download (21MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas model pembelajaran menggunakan Crossword Puzzle dengan Topical Review pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013 dilihat dari aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang membandingkan antara model pembelajaran Crossword Puzzle dan model pembelajaran Topical Review. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle(76.03) dan rata- rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Topical Review (74.85). Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari alpha (0,05) yaitu 0,046 dan nilai rata-rata hasil belajar biologi kelas crossword puzzle lebih besar dari kelas topical review, yaitu 79,85 > 72,65 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran crossword puzzle dan model pembelajaran topical review. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Crossword Puzzle lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Topical Review pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Crossword Puzzle, model Topical Review, dan hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 04:58 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 00:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23355 |
Actions (login required)
View Item |