Shofianingrum, Sheila Ayu and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (103kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dan mengetahui perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII A dan data dalam penelitian ini adalah karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dapat meningkatkan kema mpuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadipada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Pada prasiklus nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 59,2. Pada siklus I meningkat menjadi 72,3 dan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 77,5 (2) strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dapat meningkatkan perubahan perilaku siswa dari yang kurang baik menjadi baik. Hal ini dapat dilihat pada setiap siklusnya dalam pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karangan, narasi, pengalaman, p ribadi, strategi pembelajaran Writing in the Here and Now, penelitian tindakan kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2013 08:00 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 22:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23337 |
Actions (login required)
View Item |