Setyawan, Eko Henry and , Dr. Sumardi, M.Si. (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Model Pembelajaran Inovatif Dengan Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (299kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (350kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika aritmatika sosial melalui model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika aritmatika sosial melalui model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode obsrvasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan aktivitas belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: a) mengajukan pertanyaan / menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 6,06%, putaran I 33,33%, dan di akhir tindakan 57,57%, b) mencatat materi sebelum tindakan 30,30%, putaran I 60,60%, dan di akhir tindakan 81,81%, c) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 24,24%, putaran I 48,48%, dan di akhir tindakan 72,72%, d) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan 15,15%, putaran I 36,36%, dan di akhir tindakan 60,60%, e) mengerjakan PR sebelum tindakan 42,42%, putaran I 60,60%, dan diakhir tindakan 84,84%. (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 65 sebelum tindakan 36,36%, putaran I 51,51%, dan di akhir tindakan 81,81%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, inovatif, Role Playing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Mar 2013 12:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23182 |
Actions (login required)
View Item |