Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Model Pembelajaran Inovatif Dengan Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Setyawan, Eko Henry and , Dr. Sumardi, M.Si. (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Model Pembelajaran Inovatif Dengan Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika aritmatika sosial melalui model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika aritmatika sosial melalui model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode obsrvasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan aktivitas belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: a) mengajukan pertanyaan / menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 6,06%, putaran I 33,33%, dan di akhir tindakan 57,57%, b) mencatat materi sebelum tindakan 30,30%, putaran I 60,60%, dan di akhir tindakan 81,81%, c) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 24,24%, putaran I 48,48%, dan di akhir tindakan 72,72%, d) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan 15,15%, putaran I 36,36%, dan di akhir tindakan 60,60%, e) mengerjakan PR sebelum tindakan 42,42%, putaran I 60,60%, dan diakhir tindakan 84,84%. (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 65 sebelum tindakan 36,36%, putaran I 51,51%, dan di akhir tindakan 81,81%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inovatif dengan metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, inovatif, Role Playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Mar 2013 12:24
Last Modified: 03 Nov 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23182

Actions (login required)

View Item View Item