Prasetyowati, Windi (2013) Peningkatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education Dengan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Gesi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (818kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF (Naskah pubilkasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (796kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan pemecahan masalah matematika melalui strategi Realistic Mathematics Education dengan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian melalui tahap dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, evaluasi dan penyimpulan dilakukan secara siklus. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIG SMP N 1 Gesi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik dan triangulasi metode. Hasil penelitian ada peningkatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui strategi realistic mathematics education dengan tutor sebaya. Pemecahan masalah diamati dari meningkatnya 1) Memahami masalah pada kondisi awal sebesar (21,87%) dan diakhir siklus mencapai (84,37%), 2) Merencanakan cara menyelesaikan pada kondisi awal sebesar (18,75%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 3) Melaksanakan cara menyelesaikan pada kondisi awal sebesar (15,62%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 4) Menafsirkan hasil pada kondisi awal sebesar (15,62%), dan diakhir siklus mencapai (78,12%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi RME dengan tutor sebaya pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemecahan masalah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic, tutor sebaya, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Mar 2013 11:00 |
Last Modified: | 19 Mar 2013 12:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23170 |
Actions (login required)
View Item |