Widyastuti, Riris and ., Drs.Djumali, M.Pd. and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Siswa Kelas X Akuntansi Smk Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (267kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf Download (359kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan pembelajaran melalui penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dan sebagai upaya untuk memecahkan permasalahn belajar yang terjadi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partispasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dalam peningkatan keaktifan setiap siklus. Keaktifan dalam kondisi awal sebelum adanya penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) 29,34%, pada siklus I 52,17 %, dan pada siklus II keaktifan pembelajaran meningkat menjadi 91,3%. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran akuntansi siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2013 11:34 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23153 |
Actions (login required)
View Item |