Setianingsih, Tatik (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar dalam pembelajaran ekonomi melalui strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat daribanyaknya siswa yang: aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum dilakukan penelitian ada 2 siswa (6,06%), pada putaran I ada 5 siswa (15,15%), dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (9,09%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang aktif mempresentasikan materi sebelum dilakukan penelitian ada 0 siswa (0%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang aktif mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan penelitian ada 4 siswa (12,12%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Peer Lesson, Superitem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2013 11:01 |
Last Modified: | 18 Mar 2013 12:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23147 |
Actions (login required)
View Item |