Saliman, Saliman and , Drs. Mulyadi, SK, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Selokaton Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (208kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS melalui strategi Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Selokaton Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Selokaton Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri empat langkah, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Jenis penelitian bersifat kuantitatif yang mengutamakan studi deskripsi. Sumber data menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yang dalam hal ini adalah keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dengan teknik olah data yang bersifat kualitatif, baik yang berhubungan dengan proses maupun hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan belajar pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam, terlihat dari: (1) aspek perhatian terhadap penjelasan guru, pra siklus sebesar 20%, siklus I sebesar 63,3%, dan siklus II sebesar 93,3%. (2) Aspek kerjasama dalam kelompok, pra siklus sebesar 20%, siklus I sebesar 66,7%, dan siklus II sebesar 90%. (3) Aspek saling membantu dan menyelesaikan masalah, pada pra siklus sebesar 56,7%, siklus I sebesar 76,7%, dan siklus II sebesar 100%. (4) Aspek kemampuan mengemukakan pendapat dalam kelompok, pra siklus sebesar 23,3%, siklus I sebesar 73,3%, dan siklus II sebsar 96,7%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan: ”Penggunaan Strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IVB SD Negeri 02 Selokaton Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Problem Based Learning, dan Keaktifan Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Mar 2013 08:37 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23120 |
Actions (login required)
View Item |