Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Rme( Ptk Pada Siswa Kelas Viii B Semester I Mts N Karangmojo Tahun 2012/2013)

Hidayat, Edisut Taufik and , Drs. H. Ariyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Rme( Ptk Pada Siswa Kelas Viii B Semester I Mts N Karangmojo Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran matematika melalui metode RME. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B MTs N Karangmojo, yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan aktivitas pembelajaran matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikatornya meliputi: a) keaktifan bertanya sebelum tindakan 17,24 %, Putaran I 34,48%, dan di akhir tindakan 68,97%, b) keaktifan mengemukakan ide-ide sebelum tindakan 10,34%, Putaran I 27,59%, dan di akhir tindakan 58,62%, c) keaktifan berdiskusi sebelum tindakan 31,04%, Putaran I 62,07%, dan di akhir tindakan 89,66% (2) peningkatan aktivitas belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 70 sebelum tindakan 34,48%, Putaran I 62,07%, dan di akhir tindakan 86,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode RME dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas pembelajaran, RME.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2013 05:09
Last Modified: 03 Nov 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item