Sugiyatmi, Tri and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (626kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (554kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan interpersonal melalui penggunaan metode bermain peran pada anak Kelompok B TK 01 Nglebak Tawangmangu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tindakan dilakukan melalui 3 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B2 di TK 01 Nglebak Tawangmangu tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur pada penelitian terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara pencapaian jumlah nilai indikator kemampuan interpersonal anak dengan jumlah nilai indikator minimal yang ditentukan peneliti pada setiap siklusnya. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini adalah jika jumlah nilai indikator yang dicapai anak ≥ 42. Hasil penelitian menunjukkan prosentase jumlah anak yang jumlah nilai kemampuan interpersonalnya sudah mencapai KKM (≥ 42) pada setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan, prosentase jumlah anak yang sudah mencapai KKM mencapai 40% (8 anak), kemudian setelah diberi tindakan melalui bermain peran, pada siklus I meningkat menjadi 60% (12 anak), pada siklus II meningkat menjadi 70% (14 anak), dan pada siklus III meningkat menjadi 85% (17 anak). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interpersonal pada anak Kelompok B TK 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan interpersonal, Bermain peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 11:12 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 21:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23107 |
Actions (login required)
View Item |