Parwito, Parwito and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Kreatifitas Belajar IPS Melalui Penerapan Metode Pembelajaran STAD (Students Team Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas III SDN 02 Jatiharjo Kec. Jatipuro Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (474kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (:Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (396kB) |
Abstract
Penelitian di SDN 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreatifitas belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran STAD pada siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kreatifitas belajar siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo yang berjumlah 13 orang. Data-data yang dikumpulkan berupa data pengamatan melalui lembar observasi dan dokumen kegiatan berupa foto kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kritis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan metode STAD dapat meningkatkan kreatifitas belajar IPS pada siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo. Terbukti dengan angka persentase kreatifitas siswa pada kondisi awal yang hanya 37,6% meningkat menjadi 45,5% pada siklus I dan mencapai angka 77,3% pada akhir siklus II. Total peningkatan kreatifitas adalah sebesar 39,7%. Berdasarkan kondisi ini terbukti bahwa pembelajaran dengan metode STAD mampu meningkatkan kreatifitas belajar IPS pada siswa kelas III SDN 02 Jatiharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreatifitas belajar, metode STAD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Mar 2013 10:28 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 04:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23088 |
Actions (login required)
View Item |