Farida, Erny and , Dra. Haryatmi, M.Si. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Materi Kubus Dan Balok Melalui Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf Download (92kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Indikator meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan dari siklus I sampai dengan siklus III sebagai berikut: pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 11 anak atau 55%, siklus II meningkat menjadi 15 anak atau 75% dan siklus III mencapai 18 anak atau 90%. Peningkatan hasil siklus I ke siklus II sebesar 20% peningkatan siklus II ke siklus III sebesar 15%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, yakni”Pendekatan cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk Tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan cooperative tipe Jigsaw, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Mar 2013 09:06 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 04:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23087 |
Actions (login required)
View Item |