Purniawati, Endang and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar IPS Melalui Metode Demonstrasi Dan Pemanfaatan Media Plastisin Pada Siswa Kelas V SDN 02 Kalisoro Tawangmangu Kabupaten karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (474kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar IPS kelas V SDN 02 Kalisoro. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 02 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap kegiatan pembelajaran, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dalam pembelajaran IPS pada materi Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Wilayah Waktu Indonesia.Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian kemandirian belajar siswa meliputi: Kesiapan dalam mengikuti pelajaran sebanyak 11 siswa (79%), memperhatikan penjelasan guru sebanyak 9 siswa (64%), mengerjakan soal latihan yang diberikan guru dengan baik sebanyak 8 siswa (57%), siswa yang aktif bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami sebanyak 9 siswa (64%), siswa mau mencari sumber belajar yang lain berupa buku dan bahan lain sebanyak 5 siswa (36%), siswa mengerjakan PR dibantu orang lain sebanyak 12 siswa (86%), siswa berani mempresentasikan hasil kerja pribadi atau kelompok di depan kelas sebanyak 8 siswa (57%), siswa berani berkompetisi dengan teman dalam berkelompok sebanyak 7 siswa (50%), mempersiapkan alat belajar sendiri sebanyak 8 siswa (57%), siswa mengerjakan tugas dari guru tepat waktu sebanyak 7 siswa (50%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Media Plastisin, Metode Demonstrasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2013 07:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23071 |
Actions (login required)
View Item |