Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Questions Students Have Bagi Siswa Kelas IV SDN 04 Kemiri Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/ 2013

Herwahyuti, Siti Amiliyah and , Drs,Saring Marsudi, SH, MPd. (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Questions Students Have Bagi Siswa Kelas IV SDN 04 Kemiri Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DATAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi Questions students have bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri Kebakkramat Karanganyar tahun 2012/ 2013 . Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kemiri sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran questions students have. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan wawancara . Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu : lembar observasi, pedoman wawancara , dan tes. Tehnik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mencari validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Hasil penelitian akhir menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat. Pada siklus I siswa yang bertanya 56,5%, Pada siklus II 82,6%. Siswa yang menjawab pertanyaan pada siklus I 60,9%, pada siklus II 86,9%. Kerjasama siswa pada siklus I 36,9%, pada siklus II 80.4%. Siswa yang mandiri mengerjakan soal pada siklus I 69,5%, pada siklus II 84,8%. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa, strategi pembelajaran questions students have.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2013 07:04
Last Modified: 03 Nov 2021 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item