Peningkatan Kemampuan Memahami Luas Jajar Genjang Dan Segitiga Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Fatati, Nurul and , Drs. Andi Haris Prabowo,M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Luas Jajar Genjang Dan Segitiga Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika kompetensi dasar luas jajargenjang dan segitiga siswa kelas IV SD Negeri 01 Sedayu dengan pembelajaran metode demonstrasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai samplingnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan kemampuan belajar matematika tentang luas jajar genjang dan segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus niai rata-rata siswa 57,50 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69,25 dan pada siklus II mencapai 82,75. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika kompetensi dasar luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman belajar, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 10:43
Last Modified: 03 Nov 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23043

Actions (login required)

View Item View Item