Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kuis Who Am I Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013

Israwan, Hendyan Wiek and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kuis Who Am I Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar PKn siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara langsung, dokumentasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan media kartu kuis who am I. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 62,5% (bertanya), 45,8% (perhatian), 75% (mengerjakan tugas), antuasiasme (62,5%), 54,2% (kerja sama kelompok). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat dengan persentase 79,1% (bertanya), 87,5 (perhatian), 95,8 (mengerjakan tugas), 87,5 (antusiasme), dan 83,3% (kerja sama kelompok). Hasil ini menunjukkan keaktifan siswa dari masing-masing aspek telah mencapai prosentase di atas 75%, dan penelitian telah dikatakan berhasil pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: who am I, media pembelajaran, aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2013 11:27
Last Modified: 29 Oct 2021 15:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item