Israwan, Hendyan Wiek and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kuis Who Am I Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (631kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (402kB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngadirejo tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar PKn siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara langsung, dokumentasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan media kartu kuis who am I. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 62,5% (bertanya), 45,8% (perhatian), 75% (mengerjakan tugas), antuasiasme (62,5%), 54,2% (kerja sama kelompok). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat dengan persentase 79,1% (bertanya), 87,5 (perhatian), 95,8 (mengerjakan tugas), 87,5 (antusiasme), dan 83,3% (kerja sama kelompok). Hasil ini menunjukkan keaktifan siswa dari masing-masing aspek telah mencapai prosentase di atas 75%, dan penelitian telah dikatakan berhasil pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | who am I, media pembelajaran, aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 11:27 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23010 |
Actions (login required)
View Item |