Penerapan Model Pembelajaran Triple Role Playing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Pada Siswa Kelas Iv Sdn Ii Jatipurwo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012/2013

Wijaya, Wawan herman and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Triple Role Playing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Pada Siswa Kelas Iv Sdn Ii Jatipurwo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaanan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat yang berdampak pada hasil belajar pada siswa kelas IV SDN II Jatipurwo melalui penerapan model pembelajaran Triple Role Playing.Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN II Jatipurwo yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki – laki, dan 6 siswa perempuan. Obyek dari penelitian ini adalah pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan penerapan model pembelajaran triple role playing dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN II Jatipurwo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SDN II Jatipurwo, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep PKn pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat yang berdampak pada hasil belajar siswa. Indikator pencapaian peningkatan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa menguasai konsep sistem pemerintahan tingkat pusat, peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dalam materi pelajaran sistem pemerintahan tingkat pusat sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ KKm yaitu ≥ 70, sekurangkurangnya 75% dari 12 siswa yaitu sekitar 9 anak mengalami peningkatan hasil belajar PKn. Peningkatan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada pra siklus sebanyak 6 siswa atau sebesar 50% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 9 siswa atau sebesar 75% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 12 siswa atau sebesar 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Triple Role Playing, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 11:06
Last Modified: 29 Oct 2021 15:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item