Wijaya, Wawan herman and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Triple Role Playing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Pada Siswa Kelas Iv Sdn Ii Jatipurwo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaanan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat yang berdampak pada hasil belajar pada siswa kelas IV SDN II Jatipurwo melalui penerapan model pembelajaran Triple Role Playing.Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN II Jatipurwo yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki – laki, dan 6 siswa perempuan. Obyek dari penelitian ini adalah pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan penerapan model pembelajaran triple role playing dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN II Jatipurwo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SDN II Jatipurwo, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep PKn pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat yang berdampak pada hasil belajar siswa. Indikator pencapaian peningkatan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa menguasai konsep sistem pemerintahan tingkat pusat, peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dalam materi pelajaran sistem pemerintahan tingkat pusat sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ KKm yaitu ≥ 70, sekurangkurangnya 75% dari 12 siswa yaitu sekitar 9 anak mengalami peningkatan hasil belajar PKn. Peningkatan penguasaan konsep sistem pemerintahan tingkat pusat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada pra siklus sebanyak 6 siswa atau sebesar 50% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 9 siswa atau sebesar 75% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 12 siswa atau sebesar 100%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Triple Role Playing, Penguasaan Konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 11:06 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23005 |
Actions (login required)
View Item |