Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Information Search Dalam Pembelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Monggot 2 Geyer Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Hermanto, Danang Tri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Information Search Dalam Pembelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Monggot 2 Geyer Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ada tidaknya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penilitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Monggot Geyer Grobogan yang berjumlah 22 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang materi aktivitas ekonomi berdasarkan potensi daerah pada siklus 1 dan tentang koperasi pada siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa pada kondisi awal 33,06% mengalami peningkatan pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 44,31% dan siklus 1 pertemuan kedua sebesar 62,49% siklus 2 pertemuan pertama sebesar 72,73% siklus 2 pertemuan kedua sebesar 80,79%. Hasil belajar pada kondisi awal 40,90% mengalami peningkatan 62,72% pada siklus 1 pertemuan pertama dan 72,72% pada siklus 1 pertemuan kedua pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 74,77% mengalami peningkatan pada siklus 2 pertemuan kedua sebesar 95,45%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Monggot Geyer Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, hasil belajar IPS, Information Search
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:35
Last Modified: 29 Oct 2021 15:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item