Peningkatan Keaktifan Belajar PKn Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangtalun 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Sutrisno, Mila Yuliana and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar PKn Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangtalun 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (438kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pkn melalui metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Pada tehnik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: “Metode Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri Karangtaun 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. . Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data, rata-rata prosentase keaktifan siswa dari 4 aspek yang telah ditentukan, yaitu keaktifan bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan tanggapan dan berpendapat selalu mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada pra siklus prosentase keaktifan yang diperoleh, yaitu 36,36% aktif bertanya, 27,27% aktif menjawab pertanyaan, 22,73% aktif menanggapi pertanyaan dan 13,64% aktif berpendapat. Pada siklus I rata-rata prosentase keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu 59,09% aktif bertanya, 47,73% aktif menjawab pertanyaan, 36,64% aktif menanggapi pertanyaan dan 31,82% aktif berpendapat. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90,9% aktif bertanya, 84,10% aktif menjawab pertanyaan, 75% aktif menanggapi pertanyaan dan 77,28% aktif berpendapat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Index card Match dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 2 Kecamatan tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Strategi Index card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 08:38
Last Modified: 28 Oct 2021 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item View Item