Mulyanti, Retno Dwi and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (324kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (370kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas V A SD Muhammadiyah 1 Ketelan dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subtek pembantu dalam perencanaan da pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswi kelas V A yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dukumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan transformasi data kasar dari hasil catatan lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan mendengarkan penjelasan dan intruksi dari guru sebanyak 19 siswa (52,7%), 23 siswa (62,78%) pada siklus I, 29 siswa (81,11%) pada siklus II. b) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan sebanyak14 siswa (37,78), 23 siswa (63,89%) pada siklus I, 30 siswa (82,22%) oada siklus II. c) siswa yang aktif menjawab pertanyaan/ soal sebanyak 17 siswa (46,11), 21 siswa (68,61%) pada siklus I, 30 siswa (82,78%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 17 siswa (47,22%), 25 siswa (69,44) pada siklus I, dan 33 siswa (91,67%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara mamatematika melalui strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | giving question and getting answer, keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 06:50 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22968 |
Actions (login required)
View Item |