Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Maryati, Yeni Dwi and , Drs. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (800kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012 yang telah menempuh mata pelajaran Ekonomi 240 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 120.714 + 0,410 X1 + 0,671 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh Kemandirian dan Kreativitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2.858 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. dengan sumbangan efektif 9,5 %; 2) Ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3.991 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan sumbangan efektif 19,4 %; 3). Ada pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11.575 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,289. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,289 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,9 % sedangkan 71,1 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, kreativitas belajar, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2013 08:14
Last Modified: 02 Nov 2021 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22933

Actions (login required)

View Item View Item