Maryati, Yeni Dwi and , Drs. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (800kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012 yang telah menempuh mata pelajaran Ekonomi 240 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 120.714 + 0,410 X1 + 0,671 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh Kemandirian dan Kreativitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2.858 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. dengan sumbangan efektif 9,5 %; 2) Ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3.991 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan sumbangan efektif 19,4 %; 3). Ada pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung macan sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11.575 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,289. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,289 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara kemandirian dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,9 % sedangkan 71,1 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, kreativitas belajar, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 08:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22933 |
Actions (login required)
View Item |