Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menghitung Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bergambar Pada Kelompok B TK Paseban Jumapolo Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Suharso, Suharso and , Dra. H. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menghitung Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bergambar Pada Kelompok B TK Paseban Jumapolo Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PULBIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif melalui kegiatan menghitung dengan alat peraga kartu bergambar pada kelompok B TK Paseban 02 Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Paseban 02 Jumapolo, yang berjumlah 22 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam kegiatan menghitung dengan menggunakan alat perga kartu bergambar. Kemampuan kognitif dalam kegiatan menghitung anak pada prasiklus 38,5 % , siklus pertama 40,9% , siklus kedua 70,5 % dan siklus ketiga 84,3%, berarti dari siklus ke siklus ada peningkatan. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pengembangan kemampuan kognitif melalui kegiatan menghitung dengan alat perga kartu bergambar mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penggunaan alat peraga kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan menghitung pada anak kelompok B TK Paseban 02 Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, kegiatan menghitung, kartu bergambar .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 07:48
Last Modified: 27 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22925

Actions (login required)

View Item View Item