Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Dengan Teknik Kolase Pada Anak Didik Kelompok B TK 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

RUSMAWATI, NI MADE and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Dengan Teknik Kolase Pada Anak Didik Kelompok B TK 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan kreativitas anak TK 01 Ngemplak, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui kegiatan bermain dengan teknik kolase. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Februari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK 01 Ngemplak. Data yang dikumpukan berupa kreativitas anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan teknik kolase dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak melalui kegiatan bermain dengan media teknik kolase mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kreativitas anak meningkat dari prasiklus 45% menjadi 63,33% pada siklus I, Siklus II manjadi 83,16%. Jumlah anak yang mencapai prosentase keberhasilan 75% juga meningkat dari 6,67% di prasiklus, 20% di siklus I, dan 86,66 di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan teknik kolase dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B TK 01 Ngemplak. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 75% anak mampu mencapai posentase pencapaian sebesar 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain dengan teknik kolase, kreativitas anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 11:53
Last Modified: 27 Oct 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22912

Actions (login required)

View Item View Item