Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (TEAM Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas V SDN 6 Jekulo Tahun Pelajaran 2012/2013

Nafisah, Rosita Nailin (2012) Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (TEAM Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas V SDN 6 Jekulo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Jekulo melalui strategi pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 6 Jekulo yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu partisipasi aktif, antusiasme siswa dalam mengerjakan soal, konsentrasi dalam pembelajaran serta rasa senang selama pembelajaran. Indikator partisipasi siswa meningkat dari siklus I 63,6% menjadi 86,4% di siklus II. Indikator antusiasme dalam mengerjakan soal meningkat 59,1% di siklus I menjadi 81,8% di siklus II. Indikator konsentrasi dalam pembelajaran di siklus I sebesar 68,2% meningkar menjadi 86,4% di siklus II. Sedangkan indikator rasa senang selama pembelajaran meningkat dari 68,2% di siklus I menjadi 90,9% di siklus II. Selain peningkatan indikator minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 40,9% atau 9 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 15 siswa atau 68,2%, dan meningkat pada siklus II mencapai 20 siswa atau 90,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri 6 Jekulo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, team assisted individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2013 11:49
Last Modified: 27 Feb 2013 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22911

Actions (login required)

View Item View Item