Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Buku Cermin Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 03 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013

Cartini, Erma Hesti and , Dra. Surtikanti, S.H, M. Pd, (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Buku Cermin Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 03 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak TK Pertiwi 03 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui kegiatan bercerita dengan Buku Cermin. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran adalah metode bercerita. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Metode analisis data adalah metode komparatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 03 Ngadiluwih. Data yang dikumpukan berupa kemampuan bahasa anak dan proses penerapan kegiatan bercerita dengan media buku cermin dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bercerita dengaan media buku cermin mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 41,83% menjadi 70,83% pada siklus I, Siklus II manjadi 81,16%. Jumlah anakyang mencapai prosentase keberhasilan 75% juga meningkat dari 20% di prasiklus, 46,67% di siklus I, dan 86,66 di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bercerita dengan media buku cermin dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Pertiwi 03 Ngailuwih. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai posentase pencapaian sebesar 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bercerita dengan buku cermin, kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 11:33
Last Modified: 27 Oct 2021 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22908

Actions (login required)

View Item View Item