Penerapan Model Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Widiyaningrum, Kurniasari and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (988kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 melalui model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know dan mengetahui aktifitas belajar siswa. Subyek penelitian ini guru dan peneliti dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 dengan jumlah 12 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 7 siswa lakilaki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diatas KKM ≥ 65 dari sebelum tindakan sampai sesudah tindakan. Pada siklus I nilai siswa meningkat 33,33% dari pra siklus, dan nilai siklus II meningkat 50% dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiring Mind Want to Know, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2013 11:20
Last Modified: 28 Oct 2021 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22906

Actions (login required)

View Item View Item