MAIMUNAH, SITI and , Dr. Samino, MM. (2013) Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Sosiodrama Bagi Anak Kelompok B1 Pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Pulosari I Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (391kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Publikasi_skripsi.pdf Download (238kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode sosiodrama bagi anak kelompok B pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pulosari I Kebakkramat. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode sosiodrama, dengan jumlah anak 16 anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang peningkatan kemampuan bahasa anak sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran bahasa menggunakan metode sosiodrama serta pengumpulan gambar-gambar saat pembelajaran bahasa. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang peningkatan kemampuan bahasa melalui melalui metode sosiodrama diperoleh hasil pada pra siklus 40,82%, siklus I 61,33%, siklus II 78,13%. Dengan demikian upaya peningkatkan kemampuan bahasa anak melalui melalui metode sosiodrama kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pulosari I Kebakkramat tahun ajaran 2012/2013 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 78,13%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode sosiodrama, bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 11:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22903 |
Actions (login required)
View Item |